Purdah : Ajaran Islam atau Adat Masyarakat Arab Semata-mata ?




Niqab/ purdah adalah budaya Islam .

 Diantara bukti2 lain bahwa niqab/ purdah adalah budaya Islam :

1. Sebelum turun ayat yang memerintahkan berhijab atau berjilbab, budaya masyarakat arab Jahiliyah adalah menampakkan aurat, bersolek jika keluar rumah, berpakaian seronok atau disebut dengan tabarruj. Oleh karena itu Allah Ta’ala berfirman:

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَىٰ

“Hendaknya kalian (wanita muslimah), berada di rumah-rumah kalian dan janganlah kalian ber-tabarruj sebagaimana yang dilakukan wanita jahiliyah terdahulu” (QS. Al Ahzab: 33)


Sedangkan, yang disebut dengan jahiliyah adalah masa ketika Rasulullah SAW belum di utus sbg nabi.

Ketika Islam datang, Islam mengubah budaya buruk ini dengan memerintahkan para wanita untuk berhijab. Ini membuktikan bahwa hijab atau jilbab adalah budaya yang berasal dari Islam.


2. Ketika turun ayat hijab, para wanita muslimah yang beriman kepada Rasulullah SAW seketika itu mereka mencari kain apa saja yang blh menutupi aurat mereka. ‘Aisyah Radhiallahu’anha berkata:

مَّا نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ ( وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ ) أَخَذْنَ أُزْرَهُنَّ فَشَقَّقْنَهَا مِنْ قِبَلِ الْحَوَاشِي فَاخْتَمَرْنَ بِهَا

“(Wanita-wanita Muhajirin), ketika turun ayat ini:

" Dan hendaklah mereka menutupkan kain tudung ke dada (dan leher) mereka.”

(Surah  Al Ahzab An Nuur: 31), mereka merobek selimut mereka lalu mereka berkerudung dengannya.”
(HR. Bukhari 4759)

Ini menunjukkan bahwa wanita2 muhajirin sebelumnya mereka tidak berpakaian yg menutupi aurat2  mereka sehingga mereka menggunakan kain yang ada untuk mentaati ayat tersebut.

Akhir kata para ulama sejak dahulu telah membahas hukum memakai niqab  bagi wanita. Sebahagian mewajibkan, dan sebagian lagi berpendapat hukumnya sunnah.

Namun TIDAK  ADA diantara mereka yang mengatakan bahwa pembahasan ini hanya berlaku bagi wanita muslimah arab atau timur-tengah saja.

Dari itu jangan lah kita sbg umat Islam memandang serong atau melihat org yg berpurdah/ berniqab itu aneh

Malahan ia  tidak benar bahwa memakai niqab / purdah itu aneh, ekstrim, berlebihan dalam beragama, atau ikut-ikutan budaya negeri arab.


Dari tulisan di atas jelaslah bahwa memakai niqab  (dan purdah)  BUKANLAH   budaya timur-tengah, namun budaya Islam dan ajaran Islam yang sudah diajarkan oleh para ulama Islam sebagai pewaris para Nabi yg memberikan pengajaran kepada seluruh umat Islam, bkn kpd masyarakat timur-tengah saja.

Semoga stigma yg attached to semua yg berpurdah dan berniqab akan luput dgn penjelasan ini...sekali lagi saya tekankan bukan maksud saya menyuruh para muslimah ini berpurdah/berniqab tapi fahami apa disebalik pemakaian ini.

Namun selepas ini jika ada yg ingin take one step forward silakan. Alhamdulillah dan mabruk saya ucapkan.

Pada siapa yg ada bantahan family,semoga Allah permudahkan urusan kita. Jika susah juga maka carilah suami yg memahami pemakaian niqab ini. Insya Allah kita dpat memakainya.

Oleh : Aisyah Bt Abu Bakar

No comments: